Polres Bintan Siap Amankan Pemilu 2024 Melalui Latpraops Mantap Brata Seligi 2023-2024

Sedang Trending 7 bulan yang lalu 141

Lensakepri.com||Bintan - Polres Bintan telah memulai langkah proaktif untuk memastikan jalanya Pemilihan Umum 2024 yang aman dan lancar dengan menggelar Latihan Pra Operasi Mantap Brata Seligi 2023-2024. Latihan Pra Operasi Mantap Brata Seligi 2023-2024 dilaksanakan di Aula Gedung Sarja Arya Racana Polres Bintan pada hari Sabtu (14/10/2023).

Latihan Pra Operasi Mantap Brata Seligi 2023-2024 dipimpin oleh Kepala Bagian Operasi Polres Bintan, AKP Monang P. Silalahi, S.H. serta menghadirkan berbagai pihak terkait  yang tergabung dalam pelaksanaan Pemilu yaitu Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bintan  Harris Daulay, S.Pi dan Ketua Badan Pengawasa Pemilihan Umum Kabupaten Bintan Sabrima Putra, S.H. dan juga dihadiri oleh beberapa pejabat utama dan personil yang terlibat dalam latihan Latpraops Mantap Brata Seligi 2023-2024.

Operasi Mantab Brata adalah Operasi Kepolisian yang dilaksanakan oleh Polri dalam rangka mengamankan Pemilu 2023-2024 dan juga Operasi tersebut dilaksanakan oleh seluruh Polri mulai dari tingkat Polres, Polda hingga Mabes Polri. 

Dalam sambutan pembukaan AKP Monang P. Silalahi, S.H membacakan sambutan Kapolres Bintan Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M menjelaskan tentang pelaksanaan dan tujuan operasi Mantab Brata tersebut.

“Bahwa Latpraops Mantab Brata ini merupakan bagian dari persiapan Polres Bintan dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2024, Operasi ini bertujuan untuk pengamanan dan ketertiban selama proses pemilihan”. kata Kabagops Polres Bintan

Selanjutnya Ketua KPU Kabupaten Bintan dan Ketua Bawaslu Kabupaten Bintan juga memberikan pemaparan terkait persiapan pemilu dan peran penting penyelenggara pemilu dalam menjaga integritas dan transparansi proses demokrasi.

Melalui Latpraops Mantap Brata Seligi 2023-2024, Polres Bintan berkomitmen dalam menghadapi Pemilu 2024 menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta instansi terkait dan mitra Kamtibmas untuk memastikan keamanan selama tahapan pemilu.

Operasi ini memiliki enam satuan tugas yaitu, Satgas Bantuan Operasional, Satgas Penegakan Hukum, Satgas Keamanan Keselamataan Ketertiban Kelancaran Lalu Lintas, Satgas Preventif, Satgas Humas, Satgas Preemtif.

Operasi ini akan berfokus pada upaya preemtif, preventif, serta penegakan hukum sehingga situasi kamtibmas yang kondusif dapat terwujud di seluruh wilayah Kabupaten Bintan.

Terkahir AKP Monang menyampaikan kepada seluruh peserta Latpraops diharapkan melalui latihan ini para peserta akan lebih memahami peran dan tanggung jawab masing-masing satuan tugas dalam mengamankan Pemilu 2024. 

Polres Bintan berkomitmen untuk menjaga keamanan dan integritas pemilu, sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan lancar, aman dan adil. *Red*