Sukseskan Pemilu 2024, Polres Bintan Lakukan Simulasi Pengamanan TPS

Sedang Trending 7 bulan yang lalu 107

Lensakepri.com || Bintan – Polres Bintan lakukan simulasi pengamanan pemungutan suara di TPS dalam rangka Kesiapan pengaman Pemilu Tahun 2024 mendatang.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakapolres Bintan KOMPOL M. Tahang, S.Ag., Kabagops Polres Bintan AKP Monang P. Silalahi, S.H., Pejabat utama Polres Bintan, Ketua Bawaslu Kabupaten Bintan Bambang, S.E. beserta anggota, Ketua KPU Kabupaten Bintan Haris Daulay, S.Pi beserta anggota, Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Bintan M. Ami Roffian, S.Sos, Ketua PPK Teluk Bintan beserta Anggota, Ketua KPPS Desa Bintan Buyu beserta anggota, personil Polres Bintan kurang lebih 70 orang serta Personil Linmas Teluk Bintan sejumlah 4 orang yang dilaksanakan dihalaman mako Polres Bintan pada Jumat pagi (14/9/2023).

Kegiatan diawali dengan arahan oleh Kabagops Polres Bintan dan Ketua KPU Kabupaten Bintan kepada Personil yang terlibat dalam kegiatan simulasi tersebut.

Dilanjutkan sambutan oleh Kapolres Bintan yang diwakili oleh Wakapolres Bintan KOMPOL M. Tahang, S.Ag., menyampaikan ucapan rasa syukur karna kita semua dapat berkumpul di halaman mako Polres Bintan untuk melaksanakan Simulasi Pegamanan di TPS, Perlu kita ketahui bahwa memilih dan dipilih merupakan hak yang harus dijamin sebagai hak konstitusional warga negara Indonesia dan kita terapkan dalam kegiatan TPS ini yang mana merupakan sarana awal untuk menyampaikan hak setiap warga negara dan diperlukannya pengamanan demi menjaga kelancaran selama pemungutan suara berlangsung, Terang Wakapolres Bintan.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan oleh penyampaian kata sambutan dari Ketua KPU Bintan dan Perwakilan dari Bawaslu Kabupaten Bintan. 

Simulasi yang dilaksanakan merupakan gambaran realita yang akan terjadi di TPS nantinya dimulai dari tahapan pendaftaran, pendataan, pencoblosan hingga penghitungan hasil suara di TPS, tidak hanya itu dalam simulasi kali ini juga diditampilkan bagaimana mekanisme pengamanan yang dilakukan oleh Polres Bintan jika terjadi masalah seperti adanya masyarakat yang tidak dapat melakukan pencoblosan dikarena tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan dan melakukan aksi protes yang mengakibatkan keributan di TPS.

Diharapkan dengan adanya simulasi yang kita laksanakan dapat memberikan gambaran kepada para personil Polres Bintan dalam melaksanakan pengamanan TPS nantinya sehingga pelaksanan pemelihan di TPS dapat berjalan aman dan lancar.