Rumah Gadang International Expo 2023 Siap Digelar di Batam, Bakal Diikuti oleh 4 Negara

Sedang Trending 1 tahun yang lalu 328

Lensakepri.com || Batam-Perdana di Batam, Rumah Gadang International Expo 2023 mahakarya dari paguyuban Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kota Batam bakal digelar di kota berjuluk Bandar Dunia Madani ini.

Rencananya, Rumah Gadang International Expo 2023 ini nantinya akan dilaksanakan selama 4 hari yakni mulai dari tanggal 18 Mei 2023 sampai dengan 21 Mei 2023, yang akan dilaksanakan di Dataran Engku Putri Batam Center.

Ketua Umum IKSB Kota Batam, AKBP (purn) Maryon mengatakan seyogyanya expo ini akan dimeriahkan oleh wisatawan mancanegara yang berasal dari negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura dan tuan rumah Indonesia.

"Insya Allah expo ini nantinya akan dilaksanakan selama empat hari di Dataran Engku Putri Batam Center, dan bakal diikuti oleh empat negara," ujar Maryon usai pelaksanaan Buka Puasa Bersama sekaligus pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa di Golden Prawn Batan, Jumat (07/04/2023)

Lebih lanjut Maryon mengatakan, expo itu nantinya akan menampilkan produk-produk UMKM yang berasal dari seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

"Alhamdulillah, Gubernur Sumatera Barat sudah menyatakan bersedia hadir dalam expo itu nantinya," imbuhnya.

Masih menurut Maryon yang juga merupakan purnawirawan Polri ini menambahkan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mempersatukan orang-orang minang asal Provinsi Sumatera Barat yang ada di kota Batam.

Kemudian, dia tidak ingin antara sesama orang minang ada perpecahan. Dan, dia menginginkan melalui kegiatan ini diharapkan seluruh orang minang yang ada di Batam ini bisa kembali bersatu kedalam rumah gadang yakni Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB).

"Saya ingin seluruh orang minang di Batam ini bersatu. Saciok bak ayam sadanciang bak basi. Artinya Seiya sekata, satu pendapat atau kompak,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, tak lupa Maryon mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada warga minang yang ada di kota Batam yang telah meluangkan waktunya untuk menghadiri acara buka puasa bersama IKSB ini.

"Terima kasih saya ucapkan atas dukungannya, sehingga acara buka puasa bersama ini bisa terlaksana dengan baik," ujar Maryon.

Senada, Sekretaris Umum IKSB Batam, Indra Sudirman menambahkan expo ini bertujuan untuk membangkitkan kembali perekonomian bangsa yang mati suri akibat pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan hampir seluruh negara di dunia.

"Melalui expo ini kami ingin membangkitkan kembali perekonomian bangsa yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19 melanda," imbuhnya.

Selain itu lanjutnya, expo ini juga bertujuan untuk mengangkat budaya-budaya khas orang minang, baik dari sisi kesenian asli minang, busana minang serta kuliner khas minang yakni marandang.

"Selama empat hari pelaksanaan expo nanti akan dimeriahkan oleh beragam seni budaya serta kuliner khas minang," sebutnya.

Tak hanya menampilkan budaya khas minang saja, Indra menambahkan expo itu nantinya akan dimeriahkan juga oleh atraksi-atraksi budaya dari paguyuban-paguyuban lain yang ada di Indonesia.

"Alhamdulillah, paguyuban se Jatim dan PK NTT sudah menyatakan kesediaannya untuk ikut berpartisipasi dalam Rumah Gadang International Expo 2023 nanti," tuturnya.

Tampak hadir dalam kegiatan buka puasa bersama itu, Ketua Umum IKSB Kota Batam, AKBP (purn) Maryon didampingi Sekretaris Umum, Indra Sudirman dan Bendahara Umum IKSB, Alfian 

Hadir juga, Ketua Bundo Kanduang, Hj. Fitriyenti, Panglimo Tinggi Paga Nagari IKSB, Martias, Ketua Panitia, Hardy Susandry Ketua DPW Generasi Muda Pariaman dan ketua IKA-IKA se kota Batam serta seluruh orang minang yang ada di kota Batam.tutupnya

Gun