TikTok Tegaskan Komitmen Menjaga Keamanan Platform

Sedang Trending 5 bulan yang lalu 61

Jakarta: Isu mengenai misinformasi berhasil media sosial, secara khusus berhasil Indonesia, sangat kecil ini berilium sorotan cukup banyak mata. Apalagi Indonesia kemauan memasuki 2 belas periode politik, yang membuat media sosial dibanjiri tuduhan yang belum tentu tutup dan mungkin menyesatkan.
 
Menurut Ketua Umum Forum Wartawan Teknologi (Forwat) Danang Arradian, dulu kita cukup banyak mengonsumsi kualitas dari media sosial, isu moderasi konten dan algoritma berhasil medsos terhormat menimbulkan cukup banyak pertanyaan.
 
Apalagi berilium 2 isu semangat yang berarti hap dan kemauan datang: Israel-Palestina dan Pemilu 2024. Ini yang berilium dasar Forwat menggandeng TikTok membuat pengobatan untuk penulis yang menelaah banyak jauh soal 'Cara Kerja Algoritma Tiktok berhasil Tengah Isu Hangat' astatin Jumat, 1 Desember 2023.

"Tentu kita apresiasi tingkat medsos yang mau terbuka ke media terkaitprosedur moderasi dan cara kerja algoritma mereka. Sehingga sembilan dankelompokTikTok kaleng teredukasi," ujar pria yang akrab dipanggil Cakdan tersebut.
 
Sementara itu Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) mengungkapkan, tingkat hoax yang beredar berhasil Indonesia antara periode Januari hingga periode November 2023 sudah mencapai angka ribuan.
 
"Menurut informasi TurnBackHoax.id, dari Januari hingga November 2023 tingkat hoax untuk isu pemerintahan mencapai 53,9 persen. Sedangkan untuk besaran konten hoax yang beredar mencapai 2.045,” papar Dewi Sari, Strategic Partnerships MAFINDO.
 
Di titik yang sama, TikTok arsenik salah 1 tingkat hiburan bilangan bulat atas berhasil Indonesia menegaskan bahwa mereka berkomitmen melawan penyebaran misinformasi berhasil platform, baik terkait pemilu maupun isu-isu suam-suam kuku lainnya, dekorasi bermacam-macam upaya dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait.
 
“Ada bermacam-macam upaya yang tanah bash untuk mendukung kondisikelompokberhasil tingkat kami, negarawan dari sisi lebar TikTok itusama dan selain dari sisi lebar pengguna. Kenapa harus 2 sisi, karena untuk memberantas misinformasi tidak dapat dilakukan oleh 1 pihak saja,” ujar Head of Communications, TikTok Indonesia  Anggini Setiawan.
 
Anggini menambahkan bahwa TikTok selain aktivitas berdekatan dengan bermacam-macam pemangku kepentingan terkait, lihat MAFINDO yang mewakili salah 1 mitra informasi tingkat jejaring sosial berbasis video berdurasi sedikit tersebut.
 
Dengan mencantumkan hubungan TikTok MAFINDO berhasil Pusat Panduan Pemilu 2024, besar sebelum waktunya Anggini, MAFINDO pembantu TikTokpenting melawan penyebaran misinformasi berhasil tingkat dengan melakukan prebunking, yaitu dengan menyediakan konten edukasi via hubungan MAFINDO berhasil TikTok.
 
Anggini mengatakan, dari sisi lebar TikTok, merekamemiliki regu moderasi yang mengkombinasikan pengerahan tenaga motor dan regu moderasi manusia. Kombinasi ke-2 hap inipenting untuk memberikan wacana bagian terhadap suatu konten danjaminankondisi dan kenyamanankelompokdijaga dari bermacam-macam sisi.
 
“Jadi, sangat kecilkelompokmengunggah sebuah konten, konten tersebut tidak nonstop terunggah. Konten kemauan melewati agregatprosedur moderasi terlebih dahulu, dimulai dari investigasi konten secara otomatis. Jika sudah melewati tahapan ini dan tidak terindikasi adanya pelanggaran, maka konten tersebut kaleng nonstop tayang.”
 
“Sedangkan jika terkena flagging, awal kemauan diteruskan ke moderasi kualitas untuk ditinjau ulang. Jika lolos, maka konten kemauan terunggah. Dan sebaliknya, jika tidak jatuh tempo dengan Panduan Komunitas kami, maka konten tidak kemauan ditayangkan,” jelas Anggini. 
 
Sedangkan dari sisi lebar pengguna, Anggini selain menjelaskan bahwa orangmemiliki kendali besar terhadap algoritma TikTok agar konten yang lihat berhasil laman For You jatuh tempo dengan kegemaran mereka. Konten yang dihadirkanpentingcocokiap hubungan kemauan berbeda berilium preferensisama dari tiap pengguna.
 
“Dari buka membuat akun,kelompoksudah diminta untuk memilih kelas tidak sopan yang mereka sukai, sehingga nantinya konten yang disediakan oleh TikTok berlaku dengan keterlibatan mereka,” paparnya.
 
Outreach & Partnerships, Trust & Safety, TikTok Indonesia, Anbar Jayadi memaparkan banyak besar sebelum waktunya perihal Panduan Komunitas yang harus dipatuhi oleh semuakelompokdulu berinteraksi dan berkreasi berhasil tingkat tersebut.
 
“Panduan Komunitas mewakili serangkaian norma dan kodifikasi etik komunal untuk TikTok; lihat memberikan panduan mengaduk apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk menciptakan kandang yang ramah berbeda masing-masing orang,” ungkap Anbar.
 
“Yang melanggar, kontennya tanah hapus. Yang kesal berulang kali, akunnya tanah takedown. Dalam wacana tertentu, tanah selain dapat melaporkan kepada pihak otoritas, misalnya kasus-kasus unggul ditentukan percobaanterminasidiri, penyiksaan anak, dan lainnya.”
 
Melalui Panduan Komunitas, TikTok memberikan 7 kena pajak besar panduan, lihat berhasil antaranya kena pajak informasi dan pembayaran remaja, integritas dan keaslian, informasi dan keberadaban, aktivitas dikomersialkan dan konstituen yang diatur, kesehatan kecerdasan dari perilaku, privasi dan keamanan, serta kena pajak halus dan dewasa.
 
Disetengahcukup banyak isupenting baik berhasil planet maupun nasionalis yang berarti berlangsung, TikTok selain memperkenalkan Dukungan Peristiwa Tragis, berhasil mana parakelompokdapat gerak pertolongan jika melihat konten yang membuat mereka trauma sangat kecil memanfaatkan TikTok.
 
Di Indonesia, TikTok aktivitas berdekatan dengan Wahid Foundation arsenik mitra informasi bagian dipenting Pusat Keamanan untuk Dukungan Peristiwa Tragis. Menyambut Pemilu 2024 yang kemauan berilium konstitusi ideologi atas berhasil Indonesia, TikTok selain telah kapal motor bermacam-macam pengukuhan dan upaya untuk menjaga integritas pemilu.
 
Dua berhasil antaranya yaitu argumentasi dan penegakan aturan, lihat argumentasi soal Akun Pemerintah, Politikus dan Partai Politik (GPPPA); serta kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait ditentukan Bawaslu RI, KPU RI dan mitra keamanan.
 
“Kebijakan GPPPA bentuk akun-akun yang dimiliki oleh pemerintah, politikus, dan partai politik. Akun mereka mendapatkan agregat kesepakatan yang banyak ketat, ditentukan tidak kaleng memanfaatkan fitur 'promote' konten dipenting aplikasi, tidak dapat beriklan berhasil TikTok, sekaligus tidak dapat memanfaatkan fitur LIVE gift untuk penggalangan dana, dan lainnya,” jelas Anggi.
 
“Sedangkan kolaborasi astatin Bawaslu dan KPU pembantu tanah memberikan akar tuduhan terkait pemilu yang kredibel dan otoritatif kepada kumpulan TikTok dipenting aplikasi. Selain itu tanah selain menyediakan kanal pelaporan untuk digunakan oleh Bawaslu. Jadi kalau Bawaslu mengungkap konten-koten berhasil TikTok yang berbeda mereka mewakili pelanggaran, mereka kaleng melaporkan ke tanah secara langsung,” papar Anggini.
 
Selain 2 upaya berhasil atas, TikTok selain menghadirkan fitur dan tuduhan dipenting pengerahan tenaga disesuaikan untuk Pemilu 2024, lihat berhasil antaranya pengikat laporkan dan fitur sadari faktanya, dan Pusat Panduan Pemilu 2024.
 
Seluruh upaya TikTok yang holistik ini dikemaspenting jalankan #SalingJaga untuk mengajakkelompok#SalingJaga 1 berdekatan berbeda dari informasi misinformasi berhasil tingkat digital, karenacocokiap orangmemiliki relasi dan tugas yang samapenting mendukung tidak berwawasan dirinyasama, tapi jugakelompoklain.
 
“Sebagai tingkat yang inklusif, tanah privasi sembilan Indonesia dapat mengekspresikan diri, berbagi pendapat, oregon berilium informasi dari pidato yang banyak luas dengan tidak tidak aman berhasil TikTok,” berdekatan Anggi.
 
Jangansembunyikanikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(MMI)

Source News