Resmikan Operasi Zebra Seligi 2023, Kapolres Bintan Pimpin Apel Gelar Pasukan

Sedang Trending 8 bulan yang lalu 103

Lensakepri.com || Bintan – Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M. memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Seligi 2023 yang dilaksakan di Lapangan Bhayangkara Polres Bintan pada senin (04/09/2023).

Dalam apel gelar pasukan tersebut dihadiri oleh Wakapolres Bintan KOMPOL M. Tahang, S.Ag, Pejabat Utama Polres Bintan, Kaden POMAL Mayor J Pardede, Kadishub Bintan M. Insan Amin, Kasatpol PP Kabupaten Bintan Suwarsono dan diikuti oleh Personil Polres, Dinas Perhubungan serta Satpol PP Kabupaten Bintan.

Dalam amanatnya Kapolres Bintan membacakan amanat Kapolda Kepulauan Riau Irjen Pol Drs. Tabana Bangun M.Si yang antara lain berisikan bahwa Operasi Zebra dilaksanakan serentak oleh Polri dengan tema Kamseltibcarlantas Menuju Pemilu 2024.

“Operasi Zebra Seligi 2023 akan berlangsung selama 14 hari yang dimulai pada hari ini Senin 4 September 2023 sampai dengan tanggal 17 September 2023.”

Kapolres Bintan juga menyampaikan Untuk sasaran Operasi yaitu dengan target masyarakat yang tidak mematuhi peraturan lalulintas dan lokasi rawan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, dengan sasaran prioritas melaksanakan penegakan hukum dengan ETLE Statis dan Mobile dan teguran pada 7 (tujuh) prioritas pelanggaran yaitu :

1) Pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara 

2) Pengemudi atau pengendara yang masih di bawah umur 

3) Pengemudi atau pengendara yang berboncengan lebih dari 1(satu) orang 

4) Pengemudi  atau pengendara yang tidak menggunakan helm sni dan pengemudi pengendara ranmor yang tidak menggunakan safety belt 

5) Pengemudi atau pengendara yang dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol 

6) Pengemudi atau pengendara yang melawan arus 

7) Pengemudi atau pengendara yang melebihi batas kecepatan.

“Untuk sasaran prioritas yaitu terhadap pengendara yang sedang mengemudi menggunakan ponsel saat berkendara, Pengemudi atau pengendara yang masih di bawah umur, Pengemudi atau pengendara yang berboncengan lebih dari 1 orang, Pengemudi  atau pengendara yang tidak menggunakan Helm SNI dan pengemudi pengendara ranmor yang tidak menggunakan Safety Belt, Pengemudi atau pengendara yang dalam pengaruh atau mengonsumsi alcohol, Pengemudi atau pengendara yang melawan arus dan Pengemudi atau pengendara yang melebihi batas kecepatan.” Ujar Kapolres Bintan.

“Tujuan utama dari Operasi Zebra Seligi 2023 ini adalah untuk mewujudkan Kamseltibcarlantas dan meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan jumlah kecelakaan dan Fatalitas korban kecelakaan lalulintas serta membangun budaya tertib berlalulintas dan meningkatkan pelayanan Publik,” tambah Kapolres.

Diakhir amanatnya Kapolres Bintan menekankan “ Utamakan Faktor keamanan dan keselatan, Kedepankan tindakan Preemtif dan Preventif, upayakan pendekatan yang simpatik dan humanis serta lakukan Edukasi kepada masyarakat, Hindari tindakan pungli dan lakukan tugas operasi ini dengan baikdengan tidak melakukan tindakan yang kontra produktif, pahami Psikologis masyarakat, lakukan penegakan hukum dengan memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya ketaatan dan kepatuhan saat berlalulintas dan jalan sinergitas dengan Instansi terkait.”

Menutup amanatnya kapolres Bintan tak lupa mengucapkan “Selamat melaksanakan tugas semoga Allah Tuhan yang maha esa senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk dan bimbingannya kepada kita semua dalam mengabdi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bangsa dan Negara.” Tutup AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M.