Polres Bintan Laksanakan Latihan Pra Operasi Lilin Seligi 2023 Dalam Rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Sedang Trending 4 bulan yang lalu 244

Lensakepri.com||Bintan – Polres Bintan akan melaksanakan Operasi Lilin Seligi 2023 yaitu Operasi Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang akan dilaksanakan selama 12 hari yang dimulai pada tanggal 22 Desember 2023 hingga tanggal 2 Januari 2024, namun sebelum pelaksanaan operasi terlebih dahulu dilaksanakan Latihan Pra Operasi Lilin 2023 selama 2 hari pada Senin dan Selasa (18-19/12/2023).

Wakapolres Bintan Kompol Amir Hamzah, S.H., M.H memimpin pelaksanaan Latihan Pra Operasi Lilin 2023 Dalam Rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang dilaksanakan di Aula Sarja Arya Racana Polres Bintan, Senin (18/12/2023).

Latihan Pra Operasi Lilin 2023 Dalam Rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diikuti oleh seluruh perangkat Operasi yaitu terdiri dari Karendalops yang dijabat oleh Kabagops Polres Bintan AKP Monang P Silalahi, S.H, para Kasatgas dan personel yang terlibat dalam operasi.

Saat pembukaan Latihan Pra Operasi Lilin Seligi 2023 Dalam Rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Wakapolres Bintan menyampaikan kepada personel yang terlibat operasi agar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan struktur operasi.

“Kepada personel yang terlibat dalam operasi Lilin Seligi 2023 agar melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan surat perintah, laksanakan sesuai dengan rencana operasi agar operasi ini tercapai sesuai dengan yang direncanakan dan dapat dirasakan oleh masyarakat manfaat operasi tersebut”, kata Wakapolres Bintan.

Setelah resmi di buka oleh Latihan Pra Operasi Lilin 2023 Dalam Rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 oleh Wakapolres Bintan selanjutnya dilakukan paparan yang disampaikan oleh Karendalops dan Kasatgas operasi.

Dihari pertama Karendalops AKP Monang P Silalahi, S.H memaparkan bahwa tema dari Latpraops ini yaitu Melalui Latihan Pra Operasi Kita Tingkatkan Kesiapan, Kemampuan Dan keterampilan Personel Polri Dalam Rangka Pengamanan Natal 2023 Dan Tahun Baru 2024, Guna Mewujudkan Sitkamtibmas Yang Kondusif Di Wilayah Kabupaten Bintan.

AKP Monang P Silalahi, S.H juga menyampaikan dalam pelaksanaan Operasi Lilin 2023 Dalam Rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Polres Bintan akan mendirikan sebanyak 7 Pos yang terdiri dari 4 Pos Pengamanan yaitu di Pos Pam Simpang Penaga, Pos Pam Simpang Km 16 dan Pos Pam Kijang serta Pos Pam Tambelan.

Selanjutnya 2 buah pos Pelayanan yaitu Pos Pelayanan di pelabuhan Bulang Linggi Tanjung Uban dan Pos Pelayanan Pantai Trikora, selanjutnya 1 buah Pos Terpadu yang terletak di  Pelabuhan ASDP Tanjung Uban. 

Jumlah personel yang dilibatkan sebanyak 542 personel gabungan sedangkan untuk personel Polres Bintan dan Brimob sebanyak 357 Personel, TNI sebanyak 20 Personel, Satpol PP Bintan sebanyak 30 Personel, Dishub Bintan 30 Personel, Dinkes Bintan 15 Personel, BPBD Bintan dan Damkar sebanyak 10 Personel, Syahbandar 10 Personel, Senkom 20 Personel, Tagana 20 Personel, KKP 5 Personel, ASDP 5 Personel dan Pramuka 20 Personel.

“Seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan disebar pada beberapa kegiatan yaitu Satgas Operasi,  Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan, Pengamanan Gereja dan Pengamanan malam Tahun Baru”, papar Karendalops.

Pada hari kedua yaitu Selasa (19/12/2023) para Kasatgas memaparkan tugas dan tanggung jawab masing-masing antara lain Satgas 1  atau datgas Preemtif  yang dipimpin oleh Kasatintel Polres Bintan dan Subsatgas Binmas dipimpin oleh Kasatbinmas Polres Bintan.

Satgas 2 atau satgas Preventif dipimpin oleh Kasatsamapta Polres Bintan, Satgas 3 atau satgas Kamseltibcarlantas yang dipimpin oleh Kasatlantas Polres Bintan, Satgas 4 atau satgas Gakkum dipimpin oleh Kasatreskrim Polres Bintan.

Sedangkan Satgas 5 yaitu satgas Banops dipimpin oleh Kabagren Polres Bintan yang dipimpin oleh Kabagren Polres Bintan dengan membawahi Subsatgas Dokkes dipimpin oleh Kasidokkes Polres Bintan, Subsatgas Polairud dipimpin oleh Kasatpolairud Polres Bintan, Subsatgas Propam dipimpin oleh Kasipropam Polres Bintan, Subsatgas TIK dipimpin oleh Kasitik Polres Bintan dan Subsatgas Humas dipimpin oleh Kasihumas Polres Bintan 

Setelah pelaksanaan paparan oleh seluruh Kasatgas operasi selanjutnya Wakapolres Bintan menekankan kepada personel yang ikut dalam latihan pra operasi agar memberikan pengamanan dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga operasi yang dilaksanakan oleh Polres Bintan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kepada personel yang  terlibat operasi agar melaksanakan pengamanan dan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sehingga operasi yang dilaksanakan oleh Polres Bintan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat”, tekan Wakapolres Bintan Kompol Amir Hamzah, S.H., M.H

Red