Ciptakan Kamtibmas Yang Kondufif di Malam Akhir Pekan, Polres Bintan dan Jajaran Lakukan Antisipasi Kejahatan

Sedang Trending 4 bulan yang lalu 159

Lensakepri.com||Bintan- Untuk menciptakan situasi Kamtibmas agar tetap kondusif menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Polres Bintan beserta Polsek dalam jajaran Polres Bintan melaksanakan patroli untuk menciptakan kondisi yang aman dimalam akhir pekan, Minggu (10/12/2023).

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M mengatakan bahwa untuk menjamin situasi Kamtibmas agar tetap kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 jajarannya melaksanakan patroli pada malam minggu hingga minggu dini hari.

“Kita tingkatkan terus patroli pada malam hari untuk menciptakan situasi Kamtibmas agar tetap kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 2024 di wilayah Kabupaten Bintan”, kata Kapolres Bintan.

Untuk personel Polres Bintan melaksanakan patroli yang dimulai dari Mako Polres Bintan menyusuri sekitar perkantoran pemerintah yang ada di sekitar daerah Bintan Buyu dan sekitarnya.

Patroli yang dilakukan oleh Polres Bintan dilaksanakan oleh Satuan Sabhara Polres Bintan yang bergabung dengan piket pelayanan yang ada di Polres Bintan, sedangkan untuk wilayah Polsek patroli dilaksanakan oleh jajaran Polsek masing-masing dibawah kendali Kapolseknya.

Pergerakan Patroli dilakukan secara serentak yaitu dimulai pukul 21.00 Wib yang mana Polres Bintan melaksanakan apel persiapan di Polres Bintan, sedangkan jajaran Polsek melaksanakan apel persiapan di mako Polsek masing-masing.

Saat tim dari Polres melakukan patroli sasaran utama adalah perkantoran pemerintah yaitu kantor Bupati Bintan, Kantor DPRD Bintan dan kantor-kantor dinas yang ada disekitar Bintan Buyu.

Saat melintasi sekitar kantor Dinas Kesehatan personil Satsamapta  menemukan sekelompok remaja yang duduk-duduk di pinggir jalan dengan sepeda motornya beberapa unit.

Selanjutnya tim menghampiri  anak-anak remaja tersebut dan menemukan para remaja sedang mengkonsumsi minuman keras jenis tuak sehingga personil melakukan pemeriksaan terhadap remaja tersebut.

“Personil Satsamapta menghampiri para remaja yang sedang mengkonsumsi minuman tuak dan melakukan pemeriksaan terhadap identitas anak-anak dan memeriksa kendaraan yang mereka gunakan”, tambah Kapolres Bintan.

AKBP Riky Iswoyo juga mengatakan bahwa “Kendaraan yang mereka bawa dilengkapi dengan surat-surat namun pengendaranya tidak dilengkapi dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) karena anak-anak terssebut belum cukup umur, juga dilakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan mereka dan tidak ada ditemukan barang-barang berbahaya seperti senjata tajam, senjata api bahkan Narkoba tidak ada ditemukan”, lanjut Kapolres Bintan.

“Personil hanya menemukan sekantong plastik minuman jenis Tuak yang dibungkus dengan plastik dan masih ada sisa di kantongnya tersebut, selanjutnya personil menyuruh anak yang membawa minuman Tuak tersebut untuk dibuang ke dalam parit dan kemudian anak-anak disuruh pulang kerumah mereka masing-masing dengan diiringi oleh personel agar mereka sampai dengan aman dan selamat di rumahnya masing-masing”, imbuh Kapolres.

Tentunya tindakan yang dilakukan personel dengan humanis karena anak-anak tersebut merupakan harapan bangsa dimasa depan, sehingga perlunya memberikan pembinaan kepada mereka agar tidak menjadi pelaku kejahatan, minimal tidak menjadi korban kejahatan, tambah Kapolres. 

Menjelang pelaksanaan Pemilu tahun 2024 Polres Bintan akan meningkatkan patroli pada malam hari dengan sasaran tempat-tempat yang rawan kejahatan dan tempat-tempat keramaian akan disambangi oleh Personil Polri baik daroi Polres Bintan maupun dari Polsek jajaran.

“Mari kita bersama-sama menjaga Kamtibmas di Kabupaten Bintan agar tetap Kondosif menjelang terlasananyak Pemilu 2024, apalagi saat ini putaran Pemilu sudah memasuki masa Kampenye, mari kita ciptakan pemilu yang aman dan sejuk di Kabupaten Bintan”, ajak AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M.

Red