Bea Cukai Batam Gelar Operasi Bersama Polair Polda Kepri dan Denpom 1/6 Batam,Demi Amankan Hak-hak Negara

Sedang Trending 1 tahun yang lalu 269

Lensakepri.com,Batam-Tim Penindakan dan Penyidikan BC Batam Melakukan Operasi Bersama Penertiban Pelabuhan Roro Telaga Punggur bersama Polisi Perairan Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polair Polda Kepri) dan Detasemen Polisi Militer (Denpom) 1/6 Batam 05/08/2022.

Operasi Bersama ini merupakan tindakan yang dianggap perlu dilakukan dalam upaya pengamanan hak-hak negara dan pencegahan pelanggaran ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagaimana diatur dalam PP Nomor 41 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.

Anggota kegiatan operasi Bersama tersebut terdiri dari dua pejabat komandan operasi, satu pegawai sebagai ketua tim dan juga 19 pegawai sebagai anggota operasi bersama  dengan Aparat Polisi Perairan Kepri dan Denpom 1/6 Batam.

Alboin Tudosan Hutabarat selaku ketua tim operasi mengatakan bahwa maksud dan tujuan operasi bersama ini merupakan edukasi kepada masyarakat mengenai aturan Kepabeanan yang berlaku di Kawasan Bebas.

”Kegiatan operasi bersama ini sangat bagus dan sangat bermanfaat, selain melakukan penindakan tim operasi bersama juga memberikan pemahaman berupa edukasi kepada masyarakat terkait barang-barang yang termasuk ke dalam kategori barang larangan dan batasan dan pengetahuan mengenai dokumen serta kewajiban yang harus dipenuhi saat membawa barang keluar dari Batam.” Pungkas Alboin saat ditemui di Pelabuhan Roro Punggur.

Anggota operasi Bersama, Andre Abriantyo menjelaskan tujuan operasi bersama ini dilaksanakan “salah satu tujuan pelaksanaan operasi ini agar masyarakat mengetahui bahwa petugas yang melakukan operasi bersama mempunyai wewenang di pelabuhan untuk melakukan pemeriksaan, serta diharapkan ke depannya mereka siap dan bersedia jika petugas melakukan pemeriksaan atas kendaraan dan/atau barang yang di angkut didalamnya.” Jelas Andre.

Dengan digelarnya operasi gabungan dengan instansi lain, diharapkan penegakan hukum Kepabeanan di Indonesia dapat dilakukan dengan lebih efektif. Terwujudnya sinergi dan kolaborasi antarinstansi, tegakkan hukum untuk jaga negeri, demi Indonesia yang lebih baik.


Ls/Red/Rls