Tingkatkan Patroli, Polresta Tanjungpinang Amankan Puluhan Petasan Saat Gelar KRYD

Sedang Trending 1 tahun yang lalu 205

Lensakepri.com || Tanjungpinang-Dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, Polresta Tanjungpinang melaksanakan patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), terhadap pedagang petasan di wilayah Kota Tanjungpinang, Kamis (13/04/2023).

Patroli ini guna menciptakan Sitkamtibmas yang aman dan kondusif pada bulan Ramadhan dan menjelang Perayaan Idul Fitri 1444 H / 2023 M di Kota Tanjungpinang. Patroli KRYD dilaksanakan sejumlah personil Polresta Tanjungpinang yang terlibat dalam sprin, dipimpin Kabag OPS Polresta Tanjungpinang Kompol Hadi Sucipto, S.H.

Adapun tujuan kegiatan dilaksanakan patroli KRYD untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada para pedagang petasan dan kembang api yang berpotensi bisa membahayakan dan mengganggu kenyamanan masyarakat.

Kapolresta Tanjungpinang Kombes Pol. H. Ompusunggu, S.I.K., M.Si., melalui Kabag OPS Polresta Tanjungpinang Kompol Hadi Sucipto, S.H mengatakan, Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD), dilaksanakan selama 1 minggu setiap hari hingga tanggal 16 April 2023.

"Sesuai surat perintah Bapak Kapolri Operasi KRYD ini dilaksanakan selama 1 minggu Paska. Pelaksanaan operasi pekat sudah dilaksanakan minggu kemarin, terhitung mulai dari tanggal 10-16 April 2023 nanti,” jelasnya.

Dari hasil operasi KRYD di pinggir jalan raya kawasan KM 9 Bintan Center Kota Tanjungpinang tersebut, didapatkan barang bukti sejumlah 4 kotak/88 pcs. Kemudian, petasan berbagai merek yang berpotensi membahayakan dan mengganggu kenyamanan masyarakat. Lalu Barang bukti dibawa dan diamankan oleh pihak Polresta Tanjungpinang untuk dilakukan pendataan lebih lanjut.

"Barang bukti yang berhasil kita amankan dari pelaksanaan KRYD terhitung dari tanggal 10 hingga per- tanggal 16 nanti akan kita musnahkan secara serentak. Pada tanggal, Senin (17/04/2023) setelah pelaksanaan gelar pasukan serentak seluruh Indonesia," ucapnya.

Kabag OPS Polresta Tanjungpinang menuturkan, bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan. Selanjutnya, di malam hari akan dilaksanakan razia namun hanya bersifat patroli secara radiologis. 

Diakhir, kegiatan KRYD  selain menyasar pedagang petasan. Pihaknya juga akan menyambangi ke lokasi pedagang minuman keras ataupun barang-barang kadaluarsa.

"Khusus untuk hari ini kita pusatkan di Petasan karena berdasarkan laporan dari masyarakat," pungkas Kabag Ops Polresta Tanjungpinang.