LANTAMAL IV IKUT SERTA DALAM UPACARA HUT TNI YANG KE-77 DI TANJUNG PINANG

Sedang Trending 1 tahun yang lalu 249

LANTAMAL IV IKUT SERTA DALAM UPACARA HUT TNI YANG KE-77 DI TANJUNGPINANG


LensaKepri.com,Tanjungpinang-Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang terdiri dari Angkatan Darat (AD), angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) yang berada di Tanjungpinang melaksanakan upacara peringatan HUT TNI ke-77, 5 Oktober 2022. Kegiatan upacara tersebut dilaksanakan di Monumen Gonggong, Jl. Hang Tuah, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri). Rabu (05/10/2022).

Peringatan HUT TNI ke-77 yang bertemakan “TNI Adalah Kita” dipimpin oleh Kepala Staf Kogabwilhan I Mayor Jenderal TNI Lismer Lumban Siantar, S.Ip, selaku inspektur upacara.

Upacara tersebut diikuti oleh 1 Kompi gabungan yang terdiri dari 1 Peleton Perwira Menengah (Pamen) gabungan TNI, 1 Peleton Perwira Pertama (Pama) gabungan TNI dan 1 Peleton gabungan Polisi Militer (Pom) TNI. Batalyon 1 TNI AD terdiri dari gabungan Korem 033/WP, Batalyon Infantri 134 Tuah Sakti, TNI AL terdiri dari gabungan Lantamal IV, Lanudal, Wing Udara I, RSAL Midiyato Suratani dan Yonmarhanlan IV serta Batalyon 2  yang terdiri dari Lanud TPI, Kodim 0315, Satuan Raider 213 TPI, Satpol PP TPI, FKPPI dan Pramuka Saka Bahari. 

Upacara peringatan diawali dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta kemudian pengucapan Sapta Marga didepan Irup dan para tamu undangan Forkopimda Kepri.

Upacara kali ini lebih meriah dengan adanya kolone senapan dari Yonmar 10, aksi gabungan pasukan Kogabwilhan I, Lantamal IV serta dukungan pesawat Casa milik Lanudal Tpi dalam pengintaian, pelumpuhan dan penangkapan kapal nelayan ilegal di perairan Kepri, demonstrasi dari gabungan Batalyon Marinir Pertahanan Pangakalan (Yonmarhanlan IV), Batalyon Infantri 134 Tuah Sakti dan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) yang menampilkan serbuan kilat pembebesan sandra serta Aero Modeling dari Lanud TPI. 

Disamping pelaksanaan upacara di monumen gong-gong tersebut, ditempat yang berbeda prajurit Lantamal IV melaksanakan kegiatan Water Trappen serentak di 77 titik lokasi seluruh Indonesia.

 Sebanyak 200 orang yang tediri dari prajurit Lantamal IV, Fasharkan Mentigi, Satkat dan Satran, Syahal serta Lanal Bintan yang tergabung dalam giat memeriahkan HUT TNI ke-77 dan memecahkan rekor Muri kategori Water Trappen terbanyak dan serentak di 77  titik seluruh Indonesia yang berlokasi di Pelabuhan TNI AL Fasharkan Mentigi.

Upacara HUT TNI ke – 77 dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, SE, mm, Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, Danrem 033/WP Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, Kabinda Kepri, Danlanud RHF Tanjungpinang dan para pejabat utama satuan TNI dan Polri.