Imigrasi Batam Mempermudah Pelayanan Masyarakat Dalam Pembuatan Paspor : Imigrasi TPI Batam Menyediakan pelayanan khusus

Sedang Trending 1 tahun yang lalu 323

Lensakepri.com,Batam - Imigrasi TPI Batam menjalin hubungan silaturahmi dengan media bertempat di aula lantai 2 kantor imigrasi Batam center ( 14 / 02 / 2023 ).

Dalam acara silaturahmi tersebut imigrasi TPI Batam diwakili oleh Ritus Ramadhana selaku kepala Bidang Teknologi informasi dan komunikasi (  TIKIM )  dan Muh Iqbal Bangsawan selaku kepala seksi dokumen perjalanan, dimana Keduanya baru menjabat selama 3 Minggu di imigrasi TPI Batam.

Ritus Ramadhana mengatakan tugas dan fungsi saya adalah mitra media oleh karena nya dengan pertemuan ini kita saling mengenal, agar terjalin sinergitas antara imigrasi dan media.

Kami berharap teman - teman media dapat membantu menyebar luaskan informasi terutama menyangkut pelayanan imigrasi kepada masyarakat dan dapat memberikan saran, kritikan untuk kebaikan pelayanan imigrasi kedepan ujarnya.

Muh Iqbal Bangsawan selaku kepala seksi dokumen perjalanan dalam kesempatan menyampaikan ada beberapa edukasi yang telah di lakukan oleh imigrasi TPI Batam untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat dalam pembuatan paspor.

Seperti Pembuatan Paspor bagi masyarakat Batam dihari libur, sehingga masyarakat yang tidak bisa membuat paspor pada hari kerja, imigrasi melakukan pelayanan pembuatan paspor di hari libur yaitu bertempat di Harbour Bay dan Mall Botania 2 secara bergiliran dengan cara masyarakat mendaftar melalui WhatsApp yang telah kami sediakan.

Lanjutnya Imigrasi TPI Batam juga menyediakan layanan prioritas bagi lansia dan orang sakit serta anak - anak, begitu juga bagi masyarakat Batam yang ingin membuat paspor satu hari selesai, imigrasi TPI Batam juga melayani, namun masih terbatas kuota setiap hari.

Untuk biaya paspor satu hari selesai ada biaya tambahan sebesar Rp 1jt , jika buku biasa biaya sebesar Rp 350rb dan di tambah Rp 1jt menjadi Rp 1350rb, begitu juga untuk buku elektronik sebesar Rp 650rb di tambah Rp 1jt menjadi Rp 1650rb, semua biaya tersebut langsung disetor ke Bank sebagai Pendapatan negara bukan pajak ( PNBP ).

Ganda kepala seksi Teknologi informasi dan komunikasi (  TIKIM )  imigrasi TPI Batam yang hadir pada pertemuan tersebut, menjelaskan bahwa terkait biaya VOA yang di tanyakan teman - teman, Ganda mengatakan semua negara memiliki aturan beda - beda Tentang Biaya VOA, pertanyaan teman - teman tentunya  masukan bagi kita untuk disampaikan kepada pimpinan.Acara di tutup foto bersama dan berjabat tangan.

Ir